Renault Akan Siapkan Kendaraan Swakemudi di Bandara

" Layanan ini akan disediakan di area Bandar Udara Charles De Gaulle"
Renault (net)

KLIKPOSITIF-Perusahaan otomotif Renault dan Waymo berencana membei layanan mobil swakemudi untuk angkutan di bandara. Rencananya pelayanan mobil otonom itu akan tersedia di Bandar Udara Charles De Gaulle (CDG) menuju La Defense, di Paris, Prancis, dan sebaliknya.

Valerie Pecresse, Kepala Mobilitas Wilayah Paris mengatakan bahwa layanan mobilitas otonom antarbandara ini akan berperan penting dalam menunjang mobilitas penduduk sekaligus daya tarik turis internasional. Langkah ini menjadi upaya produsen otomotif asal Prancis ini dalam menghindari kemacetan lalu lintas ibu kota di negara itu.

"Pemerintah menginvestasikan sekitar 100 juta Euro untuk mengembangkan infrastruktur di mana kendaraan otonom akan beroperasi," kata Valerie Pecresse, dilansir dari CarsCoops.

Dia berharap bahwa proyek mobil otonom bisa turut serta untuk menyukseskan Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung setelah Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Deskripsinya, Waymo akan bekerja sama dengan Grup Renault untuk mengembangkan sistem kemudi mandiri bagi berbagai kendaraan otonom.

Dan sebagai tambahan informasi, dalam waktu dekat, Renault dan Nissan dikabarkan akan mengembangkan layanan robotaxi untuk beroperasi pada 2022. Layanan ini akan menggunakan konsep EZ-GO yang dapat dioperasikan oleh perusahaan swasta.