Uji Coba Ungkap Dark Mode iOS 13 Buat Baterai Lebih Hemat

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Dark mode menjadi salah satu fitur utama dalam sistem operasi iOS 13. Dark Mode tidak hanya hadirkan tampilan baru saja, tetapi juga punya fungsi performa.

Dalam sebuah pengujian diketahui Dark Mode mampu menghemat baterai lebih baik dari tampilan normal. Perbedaan ini diketahui dalam uji coba yang dilakukan oleh youtubers PhoneBuff.

baca juga: iPhone 11 Dinobatkan Sebagai Ponsel Pintar Terpopuler di Dunia

Ia menguji seberapa berpengaruhnya kehadiran Dark Mode pada performa iPhone. Beberapa aplikasi seperti Microsoft Word hingga YouTube mengungkapkan bahwa dengan menggunakan Dark Mode mampu menghemat baterai.

Bila diterapkan pada sistem, maka tentu baterai yang dihemat akan lebih efektif. PhoneBuff menggunakan iPhone XS sebagai alat uji coba dan lakukan pengujian dengan membuka berbagai aplikasi. Hasilnya, ada perbedaan cukup signifikan antara kedua mode tersebut.

baca juga: Miliran Ponsel Android Berpotensi Diretas

iPhone XS dengan Dark Mode menghabiskan baterai yang lebih sedikit daripada mode normal. Ketika iPhone XS mode normal mati, iPhone XS dengan Dark Mode masih memiliki baterai 30 persen. Dalam pengujian, PhoneBuff menggunakan bantuan robot agar menghilangkan faktor-faktor manusia dalam pengujian.

PhoneBuff juga membuat cahaya layar 200 nits pada kedua iPhone, sehingga akan tampak perbedaan antara mode normal dengan Dark Mode. Ternyata Dark Mode memiliki pengaruh signifikan pada iPhone dengan layar OLED, seperti iPhone X, iPhone XS, dan iPhone 11 Pro.

baca juga: Activision Blizzard Akan Rilis Game Call of Duty Baru

Sementara pada iPhone XR dan iPhone 11, Dark Mode tidak begitu berpengaruh pada daya tahan baterai. Saat ini beberapa aplikasi pihak ketiga masih berusaha untuk adopsi Dark Mode pada tampilannya.

Penulis: Ramadhani