Apple Kembali Raih Gelar Merek Terbaik

"Gelar tahun ini merupakan yang ketujuh kalinya bagi Apple secara beruntun"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple kembali meraih gelar Best Global Brands versi firma konsultan marketing Interbrand. Pada hasil yang baru saja diumumkan itu Apple kembali berhasil mengalahkan beberapa brand populer lain seperti Google, Amazon, dan Microsoft.

Gelar tahun ini merupakan yang ketujuh kalinya bagi Apple secara berturut-turut. Dalam cuitanya di Twitter, Interbrand menyampaikan bahwa Apple berhasil meraih kesuksesan ini melalui pertumbuhan yang perlahan tapi pasti. Apple juga tercatat berhasil meningkatkan nilai brand mereka sebanyak 9% menjadi $234 juta lebih.

Interbrand merilis data ini berdasarkan analisis tim mereka sendiri. Salah satu penilaian yang mereka gunakan adalah Brand Strength Factor. Faktor ini lah yang membuat Apple bertahan sampai saat ini. Untuk tahun ini Interbrand mengatakan bahwa Apple sangat kuat di bidang Governance, Engagement, dan Differentiations.

Bidang Governance didasarkan pada sejauh mana perusahaan bisa menerapkan strategi mereka secara efektif dan efisien di tengah bendungan birokrasi. Engagement berkaitan dengan seberapa banyak pelanggan yang mengidentifikasikan brand dengan diri mereka sendiri.

Sementara Differentiation lebih kepada bagaimana pelanggan mendapatkan pengalaman berbeda saat menggunakan brand tersebut. Dalam daftar tahun ini Interbrand menempatkan 6 perusahaan teknologi dalam 10 besar.

Di antaranya Apple, Google, Amazon, Microsoft, dan Samsung yang ada di posisi ke-6. Sementara brand lainnya adalah Coca-Cola, Toyota, Mercedes-Benz, McDonald's, dan Disney.