Pihak Berwajib New York Sudah Bisa Retas Perangkat iPhone

"Pengambilan data ini disebut menggunakan alat digital forensik dari Cellebrite sejak awal tahun 2018."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pihak penegak hukum di New York diberitakan sudah bisa meretas dan mengambil data di perangkat iPhone sejak tahun lalu. Pengambilan data ini disebut menggunakan alat digital forensik dari Cellebrite sejak awal tahun 2018.

Dengan layanan bernama EFED Premium dari Cellebrite, kabarnya data yang ada di perangkat iPhone dan Android dengan spek tinggi bisa dibuka dan diambil untuk kepentingan penyelidikan sebuah kasus. Dikutip dari laman OneZero, ada sebuah dokumen dari kantor pengacara wilayah Manhattan yang bocor.

Di dokumen tersebut tertulis ada layanan UFED Premium yang disewa dari Cellebrite dengan harga kontrak $200 ribu untuk 3 tahun, dimulai sejak Januari 2018 Disebutkan juga bahwa sebelumnya klien Cellebrite yang memerlukan layanan peretasa data iPhone terbaru, harus mengirim perangkat tersebut ke kantor utama mereka.

Dengan kehadiran UFED Premium, setiap pelanggan dapat melakukan pengambila data ini secara mandiri. Masih dari laman sumber, kontrak penggunaan UFED Premium juga ditulis secara spesifik dan ada bagian yang unik.

Klien yang akan menggunakan UFED Premium harus mempersiapkan sebuah ruangan khusus yang aman dan tidak boleh ada benda yang dapat merekam, baik dalam bentuk gambar atau suara. Cellebrite sebelumya telah mengumumkan layanan UFED Premium untuk dapat disewa sejak tengah tahun 2019.

Artinya jika benar bahwa pihak pengacara di Manhattan sudah mendapatkan layanan ini sejak 2018, nampaknya Cellebrite sengaja baru melakukan pengumuman ini setahun setelah digunakan.