Tiga Cara Menghapus Aplikasi di Home Screen iOS 13

"Haptic Touch memiliki fungsi serupa dengan 3D Touch, tetapi memiliki metode yang berbeda."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-iOS 13 sudah dirilis dan telah banyak digunakan oleh pemilik iPhone. Dengan sistem operasi baru ini Apple melakukan sejumlah pembaruan.

Apple telah mengganti fitur 3D Touch dengan Haptic Touch pada iOS 13 dan iPadOS. Haptic Touch memiliki fungsi serupa dengan 3D Touch, tetapi memiliki metode yang berbeda.

3D Touch memiliki durasi yang lebih lama untuk mengeluarkan menu setiap aplikasi. Sementara Haptic Touch mampu membuat menu menghilang secara otomatis bila terus ditekan.

Kehadiran Haptic Touch juga membuat cara menghapus aplikasi berbeda dengan iOS 12. Berikut cara untuk menghapus dan mengatur aplikasi di iOS 13 dan iPadOS.

Mengabaikan Haptic Touch.

Bila pada iOS 12 pengguna dapat menghapus aplikasi setelah menekan lama aplikasi, tidak di iOS 13. Ketika menekan aplikasi lama, maka akan muncul akses cepat pada aplikasi.

Tetap tekan aplikasi dan jangan dilepas, maka secara otomatis akan muncul tanda silang di pojok shortcut aplikasi. Setelah muncul tanda silang (x) tersebut maka aplikasi sudah dapat dihapus.

Rearrange Apps

Metode ini menggunakan fitur Haptic Touch untuk menghapus dan mengatur aplikasi. Sama seperti metode pertama, tekan aplikasi cukup lama hingga keluar menu akses. Lepas aplikasi tersebut dan pilih Rearrange Apps.

Setelah memilih Rearrange Apps maka pengguna dapat menghapus dan mengatur letak aplikasi.

Click and drag

Metode ketiga ini lebih sederhana dari dua metode di atas. Pengguna cukup menekan aplikasi dan langsung memindahkan, sama seperti iOS 12. Secara otomatis, logo silang (x) akan muncul.