iOS13 Segera Rilis, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Update

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Dalam hitungan jam sistem operasi baru untuk iPhone iOS 13 akan segera dibagikan oleh Apple. Sebelum mengunduh update iOS 13 untuk perangkat iPhone atau iPod Touch, ada beberapa persiapan yang harus  dilakukan.

Pastikan perangkat iPhone mendukung.

baca juga: Apple Beri Update Terbaru Catalina untuk Perbaikan Celah Keamanan

Update iOS 13 mendukung 15 jenis perangkat iPhone dan iPod Touch. Secara mudah, update iOS 13 hanya mendukung perangkat iPhone dan iPad yang rilis setelah tahun 2015, yaitu mulai dari iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Daftar lengkap perangkat yang mendukung iOS 13 adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPod touch (7th generation). Artinya update iOS 13 tidak memberikan dukungan untuk iPhone 6, iPhone 6 Plus dan iPhone 5s.

Lakukan BackUp Data

baca juga: Fitur Baru Facebook Buat Menghapus Unggahan Makin Mudah

Salah satu langkah penting sebelum update iOS 13 adalah mencadangkan data alias melakukan backup.  Backup adalah jaminan ketika melakukan update iOS 13 seandainya terjadi kesalahan, setidaknya data yang miliki sudah aman. Sehingga proses update atau Restore ke iOS 13 dapat diulang kembali tanpa rasa cemas.

Ada banyak cara untuk melakukan Backup sebelum update ke iOS 13.

baca juga: Microsoft Gantikan Kerja Jurnalis dengan Kecerdasan Buatan

Mulai dari Backup di iTunes, Backup ke iCloud atau mencadangkan data secara manual lewat layanan cloud atau mungkin pindah data ke komputer. Ada juga Archive Backup via iTunes Archive Backup adalah proses mencadangkan data ke iTunes dan membuatnya sebagai arsip.

Jika kamu menggunakan metode Archive Backup, cadangan data yang dibuat berikutnya (misalkan setelah update ke iOS 13), tidak akan menggantikan data sebelumnya. Cara ini bisa dilakukan jika ingin memisahkan Backup terakhir di iOS 12 dan berlanjut ke cadangan data baru nantinya setelah menggunakan iOS 13.

baca juga: Zoom Bakal Perketat Keamanan untuk Aplikasi Berbayar

Dengan Archive Backup, kamu juga dapat melakukan metode Restore from Backup ke iOS 12, jika beberapa hari setelah update iOS 13 ingin kembali ke sistem operasi sebelumnya. Tentunya proses ini bisa dilakukan jika Apple masih membuka jalur downgrade ke iOS 12.

Pastikan koneksi internet stabil

Update iOS 13 akan menggunakan ukuran dokumen sekitar 1GB atau lebih untuk OTA Updates. Sedangkan untuk mode Restore via iTunes akan berukuran 2GB atau lebih.

Sebaiknya gunakan koneksi internet Wi-Fi di rumah atau modem Wi-Fi portabel yang jumlah penggunanya bisa dipantau dan kecepatannya terjamin. Bisa juga dengan meminta teman yang menggunakan perangkat iPhone dalam tipe yang sama untuk mengunduh IPSW (firmware) dari iOS 13.

Setiap IPSW dari perangkat iPhone yang sama dapat disalin ke komputer dan digunakan untuk proses update tanpa mengulangi mode unduh dalam ukuran besar.

Penulis: Ramadhani