Trio iPhone 11 Gunakan Modem Milik Intel

"sejak iPhone 6s hingga iPhone XR, Intel dan Qualcomm tidak mengubah tampilan menu Field Test"
iPhone 11 (net)

KLIKPOSITIF-Trio iPhone 11 untuk regional Amerika Serikat diketahui menggunakan modem LTE dari Intel. Dilansir dari PC Mag, hal ini diketahui dari pengecekan fitur Field Test pada trio perangkat iPhone tahun 2019 yang mereka uji.

Menurut PC Mag sejak iPhone 6s hingga iPhone XR, Intel dan Qualcomm tidak mengubah tampilan menu Field Test. Hal ini bisa menjadi patokan yang paling mudah untuk diamati.

Diketahui Apple hanya menjual 1 jenis iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max untuk wilayah Amerika Serikat berdasarkan LTE band support. Hal ini bisa berbeda di negara lain seperti Tiongkok atau kawasan benua lainnya dengan LTE band berbeda-beda.

Namun kemungkinan besar Apple memang menggunakan modem Intel di semua produk iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Mengingat perang paten antara Apple dan Qualcomm yang berlangsung beberapa tahun dan baru mereda di tengah tahun 2019.

Modem Intel yang digunakan pada iPhone tahun 2019 adalah Intel XMM 7660. Ini adalah teknologi modem LTE dari Intel yang terakhir, sebelum mereka mengumumkan keluar dari bisnis modem selular. Sebelumnya pada era iPhone 7 dan iPhone 8, Apple memang menggunakan modem Intel dan Qualcomm. Namun hal ini berubah sejak iPhone XS dan iPhone XR, Apple hanya menggunakan modem Intel.

Intel resmi keluar dari bisnis modem selular pada Juni 2019. Hal ini menjadi kesempatan Apple dan Qualcomm untuk berdamai. Hingga akhirnya Apple memutuskan untuk membeli bisnis modem Intel dan beragam teknologi serta paten yang dimiliki.