Honda Siapkan Aerodinamika Aktif untuk CBR1000RR Baru

"Teknologi ini akan dipasangkan pada motor Honda CBR1000RR model baru"
Ilustrai: Honda (net)

KLIKPOSITIF-Honda sedang mengembangkan fitur aerodinamika aktif yang akan dipasangkan pada motor Honda CBR1000RR model baru. Dilansir dari Asphalt and Rubber, Honda CBR1000RR yang merupakan keluarga Fireblade Honda akan segera diperkenalkan untuk ajang Superbike.

Ben Purvis dari CycleWorld pun berhasil menangkap gambaran sistem aerodinamika aktif yang sedang dikembangkan oleh pabrikan berlogo sayap ini. Pada gambar paten tersebut, terlihat Honda menggunakan desain winglet serupa dengan yang ada di Honda RC213V tunggangan Marc Marquez.

Rumornya, lini Honda Fireblade akan menggunakan winglet dengan per yang secara mekanismenya, dikendalikan oleh komputer. Hal ini, memungkinkan Honda CBR1000RR meningkatkan downforce saat melakukan pengereman mendadak alias hard braking. Jadi sayap tidak akan keluar ketika motor dalam kecepatan yang sangat tinggi.

Sistem ini, disebut mirip dengan fitur yang ada pada motor konsep Aprilia RS660. Soal mesin, Honda CBR1000RR dari keluarga Fireblade ini disebut sangat mirip dengan mesin yang digendong Honda RC213V dan RC213V-S.