Mobil Listrik Nissan Ini Bisa Dijadikan Sumber Listrik Cadangan

"Nissan Leaf bisa dijadikan sebagai sebagai sumber listrik cadangan"
Nissan Leaf (net)

KLIKPOSITIF-Mobil listrik produksi Nissan yang akan masuk pasar otomotif tanah air Nissan Leaf ternyata memilki keunggulan yang manarik. Nissan Leaf bisa dijadikan sebagai genset semacam powerbank, sebagai sumber listrik cadangan saat daya di rumah mati.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi, mengatakan, ketika di Tokyo mengalami black out akibat angin topan, banyak pemilik rumah yang menjadi Leaf sebagai sumber listrik. "Leaf ini bisa dijadikan sumber listrik cadangan untuk rumah seperti saat kemarin Tokyo dihantam angin topan dan black out. Leaf dijadikan energi listrik cadangan di sana," ujarnya.

Dalam kondisi baterai yang terisi penuh, Nissan Leaf mampu memberikan sumber energi listrik cadangan untuk rumah selama empai hari. Praktik ini telah dilakukan Nissan di Jepang pada 7.000 rumah yang terkoneksi dengan Leaf.

Tidak hanya itu, Nissan juga sudah berkomitmen dengan pemerintah di Jepang untuk menjadi Leaf sebagai mobil darurat ketika ada bencan alam dan listrik padam. Untuk menjadikan Leaf sebagai genset di rumah, sebenarnya tidak terlalu sulit. Pasalnya Leaf memang sudah mengusung pengisan daya dua arah, disebut Vehicle to Home or Grid.