Ingin Download Lagi di Spotify, Begini Caranya

"Akun Spotify premium diperlukan untuk mengaktifkan tombol download yang tak ditemukan dalam aplikasi gratisan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Spotify telah menjadi salah satu pemain besar dalam aplikasi musik daring. Namun bagaimana jika tidak ada koneksi internet, apakah masih bisa menggunakan Spotify? 

lagu-lagu di Spotify masioh bisa dinikmati tanpa jaringan internet. Caranya dengan mendownloadnya terlebih dulu. Untuk mendownload di Spotify diperlukan akun Spotify Premium, jaringan internet, dan tentu saja ponsel atau laptop untuk untuk menyimpan lagu.

Akun Spotify premium diperlukan untuk mengaktifkan tombol download yang tak ditemukan dalam aplikasi gratisan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan daftar lagu yang ingin diunduh. Caranya dengan menekan tombol atau ikon hati pada lagu yang dimaksud. Dengan menekan ikon hati, maka pilihan untuk mengunduh atau download akan otomatis muncul.

Langkah selanjutnya adalah menekan tombol download yang terletak di sudut kanan atas playlist. Segera setelahnya lagu akan diunduh. Setelah diunduh, maka lagu tersebut akan muncul di bagian "Playlist" yang terletak di bagian kiri aplikasi Spotify, bersama dengan daftar lagu yang belum sempat didownload.

Download lagu Spotify di ponsel tidak jauh berbeda dari di laptop. Pengguna bisa mengunduh playlist, album, atau lagu yang telah disukai (liked songs). Caranya dengan membuka lagu, playlist, atau album yang ingin diunduh, lalu tekan tombol download di ujung kanan atas aplikasi.

Satu catatan penting sebelum mulai download lagu Spotify. Aplikasi itu membatasi jumlah lagu yang bisa diunduh sebanyak 3.333 buah. Jadi ketika sudah mencapai jumlah itu, artinya tidak lagi bisa mengunduh.