Apple Bantah Temuan Google Soal Celah Keamanan

"Apple menyebut bahwa tidak setuju dengan temuan celah keamanan yang disebut oleh Google."
Apple Company (net)

KLIKPOSITIF-Melalui pernyataan resmi Apple membantah temuan Google soal celah keamanan yang mereka temukan di iOS. Apple menyebut bahwa tidak setuju dengan temuan celah keamanan yang disebut oleh Google.

Google telah mengumumkan temuan celah keamanan iOS yang telah diperbaiki Apple pada Februari silam. Temuan tersebut diunggah pada sebuah blog dan diberi nama Project Zero Report.

Apple kemudian memberi jawaban resmi dan menjelaskan duo poin penting. Pertama, celah keamanan dan serangan pada sistem iOS tidak dialami oleh banyak pengguna seperti disebutkan dalam laporan Google.

Serangan tersebut bahkan tidak hanya menyerang kelomok etnis tertentu, tetapi hanya sebagian kecil etnis tertentu. Apple menyanggah bahwa celah tersebut dibiarkan selama 6 bulan lamanya.

Dengan rentang waktu tersebut, terkesan Apple melakukan pembiaran, padahal kejadian tersebut tidak pernah terjadi. Kedua, semua bukti yang diunggah Google merujuk pada celah keamanan Apple hanya berlangsung 2 bulan, bukan 2 tahun seperti yang ditulis Google. Masalah celah keamanan tersebut telah diselesaikan dalam 10 hari.

Apple juga menyatakan dan menjamin pada penggunanya bahwa keamanan, tertutama privasi adalah hal yang dijunjung Apple. Apple akan menyelesaikan setiap masalah secepat mungkin. Pekan lalu, akibat celah keamanan pada iOS membuat identitas pengguna dapat terekspos ketika mengunjungi situs tersebut.

Parahnya, celah keamanan tersebut mengakibatkan sebuah kelompok etnis di Tiongkok diserang. Dengan pernyataan Apple, semoga tidak ada lagi serangan web yang menyerang kelompok etnis di Tiongkok.