Toyota Siapkan Generasi Baru Yaris dan Vios

"platform anyar ini selaras dengan platform baru Toyota yang dibuat untuk model lebih besar, yakni Toyota New Global Architecture"
Toyota baru (net)

KLIKPOSITIF-Toyota dalam waktu dekat bakal membawa generasi baru Vios dan Yaris. Ini diketahui setelah Toyota memperkenalkan platform anyar yang dikhususkan untuk model sub-kompak.

Toyota menyebut platform baru khusus untuk model sub-kompak ini mengalami banyak peningkatan dibandingkan platform lawas. Dan yang perlu diketahui, platform anyar ini selaras dengan platform baru Toyota yang dibuat untuk model lebih besar, yakni Toyota New Global Architecture (TNGA).

Diberi nama TNGA GA-B (Global Architecture – B Segment), platform baru untuk model sub-kompak ini diklaim lebih mumpuni ketimbang platform lama, terutama karena mendapatkan sejumlah perbaikan, seperti suspensi yang kini menggunakan McPherson strut system versi baru, yang dibekali low-friction damper. Sasis ini juga memungkinkan untuk dilakukan penyetelan modular pada suspensi belakang. Platform baru ini bisa dikawinkan dengan torsion beam axle atau multi-link.

Ketinggian juga bisa disesuaikan tergantung pada penggunaannya, sehingga menjanjikan fleksibilitas dan serbaguna. Toyota juga menyatakan bahwa TNGA GA-B telah dioptimalkan untuk menyediakan ruang kabin yang lega.

Posisi duduk juga lebih rendah, untuk memberikan ruang kepala (headroom) yang lebih luas. Tak cuma itu, posisi kemudi juga lebih nyaman, yang menandakan kemungkinan Vios dan Yaris anyar dibekali setir dengan fitur tak hanya tilt steering tapi juga teleskopik.

Belum diketahui secara pasti kapan Vios dan Yaris dengan platform TNGA GA-B masuk lini produksi. Namunjika mengacu pada fakta bahwa kedua model itu baru saja mengalami facelift, maka kemungkinan besar model all-new keduanya akan hadir sekitar dua hingga tiga tahun lagi.