Android Tak Lagi Gunakan Nama Makanan untuk Sistem Operasinya

"Google mengumumkan bahwa pihaknya akan menamai sistem operasi terbaru itu dengan sebutan Android 10."
ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Seperti yang diketahui, sistem operasi Android selama ini menggunakan nama-nama makanan penutup seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, hingga Pie.

Namun, dilaporkan bahwa sistem operasi Android Q yang akan datang tidak lagi menggunakan nama-nama makanan seperti itu. Dilansir dari The Verge, Google mengumumkan bahwa pihaknya akan menamai sistem operasi terbaru itu dengan sebutan Android 10.

Nama baru Android dengan menggunakan angka tersebut tentu menimbulkan banyak prediksi, beberapa menyebutkan bahwa generasi Android berikutnya akan dinamai sesuai dengan urutan angka.

Nama baru Android ini disebut-sebut merupakan keputusan yang diambil sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna.

Menurut Sameer Samat selaku VP of Product Management Android, nama makanan yang digunakan sistem operasi tersebut sebelumnya dirasa sulit dimengerti oleh masyarakat secara global.

Masalah pengucapan menjadi salah satu kendala yang membuat pengguna sulit membedakan versi-versi Android dengan nama makanan tersebut. Penggantian nama ini juga disebabkan karena beberapa nama makanan dirasa asing untuk daerah-daerah tertentu.

Sebagai contoh adalah Pie yang rupanya tidak termasuk makanan penutup di beberapa wilayah atau Marshmallow yang tidak terlalu populer di seluruh dunia.

Lebih lanjut, Android menyadari bahwa sistem operasi populer secara global harus memiliki penamaan yang jelas dan mudah dipahami oleh penggunanaya. Oleh karena itu, penggunaan angka untuk sistem operasi teranyar Google ini dinilai menjadi pilihan yang tepat.