Positifers, Ini Peralatan Rumah Tangga yang Ganggu Koneksi Wifi

Materi yang memungkinkan kita melihat refleksi kita di cermin juga mencerminkan sinyal yang dikeluarkan oleh router. Objek ini bertindak sebagai perisai, membuat koneksi internet terpental.
Materi yang memungkinkan kita melihat refleksi kita di cermin juga mencerminkan sinyal yang dikeluarkan oleh router. Objek ini bertindak sebagai perisai, membuat koneksi internet terpental. (Bright Side)

KLIKPOSITIF - Angkat tangan jika Anda belum pernah mengalami tekanan koneksi internet yang buruk. Kadang-kadang, masalahnya berasal dari pengaturan router atau layanan buruk yang ditawarkan oleh perusahaan sewaan.

Tetapi sebagian besar waktu, koneksi WiFi yang buruk muncul karena benda atau furnitur tertentu yang kita miliki di rumah karena terlalu dekat dengan router atau komputer kita. Dilansir dari laman Bright Side, berikut daftar item yang menjadi musuh utama WiFi Anda.

1. Permukaan logam dan furnitur
Logam adalah konduktor, yang berarti menyerap listrik. Karena WiFi melepaskan gelombang elektromagnetik, permukaan atau benda logam apa pun di rumah akan mencegah gelombang menyebar. Jika Anda ingin koneksi internet bebas dari masalah, Anda harus meletakkan router jauh dari logam.

Baca Juga

2. Dinding bata dan batu
Beberapa jenis dinding menghentikan sinyal WiFi. Di antara bahan yang paling umum yang mencegah koneksi yang andal adalah marmer, semen, beton, plester, dan batu bata. Ini menjelaskan mengapa di rumah-rumah 2 lantai, orang biasanya mengalami koneksi internet yang sangat lemah di salah satu lantai. Untuk mengatasinya, tempatkan router Anda di tempat terbuka dan jauh dari dinding.

3. Cermin
Materi yang memungkinkan kita melihat refleksi kita di cermin juga mencerminkan sinyal yang dikeluarkan oleh router. Objek ini bertindak sebagai perisai, membuat koneksi internet terpental. Ketika dekat dengan router, itu bisa membuat kekuatan sinyal terasa lebih lambat dan tidak stabil.

4. Lemari es dan mesin cuci
Sebagai aturan umum, peralatan listrik yang memiliki pipa yang mengalirkan air tidak terlalu ramah terhadap sinyal WiFi. Air dapat mempertahankan sebagian energi dari gelombang nirkabel, yang secara negatif mempengaruhi kualitas koneksi internet.

5. Lampu Natal
Lampu Natal yang berwarna-warni juga bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal WiFi di rumah. Mereka memiliki chip berkilau yang menghasilkan medan magnet yang berinteraksi dengan gelombang listrik yang dikeluarkan oleh router. Pada bulan Desember, coba jauhkan router Anda dari pohon Natal.

6. Monitor bayi
Monitor ini menghasilkan interferensi 2,4 GHz, sama seperti WiFi. Ketika 2 atau lebih perangkat mentransmisikan frekuensi yang sama, mereka menggunakan udara untuk mengirim data mereka alih-alih mengirimkan gelombang, seperti dalam kasus koneksi nirkabel. Meskipun monitor bayi biasanya memerlukan koneksi ke jaringan agar berfungsi dengan benar, hindari menempatkannya terlalu dekat dengan router.

7. Drone
Drone juga beroperasi pada 2,4 GHz, tetapi tidak semua model menghasilkan interferensi itu. Itu semua tergantung pada jumlah daya yang dibutuhkan setiap model untuk berfungsi.

8. Microwave
Ini adalah perangkat lain yang memiliki spektrum frekuensi yang mirip dengan yang digunakan oleh WiFi. Jika router Anda terletak di dekat satu, angkat ke tempat yang lebih tinggi dari level microwave. Ini secara substansial akan mengurangi efek negatif yang dapat ditimbulkan gelombang mikro pada koneksi.

Penulis: Fitria Marlina