WhatsApp Siap Luncurkan Alat Pembayaran Digital

"Alat pembayaran tersebut nantinya seperti dompet digital yang bisa digunakan untuk membeli suatu barang"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-WhatsApp bakal meluncurkan alat pembayaran di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Dilansir Reuters, alat pembayaran tersebut nantinya seperti dompet digital yang bisa digunakan untuk membeli suatu barang.

Saat ini, WhatsApp sedang menunggu regulasi untuk meluncurkan alat pembayaran tersebut. "Seperti yang dikatakan Mark awal tahun ini. Kami ingin membawa pembayaran digital ke lebih banyak negara," kata juru bicara WhatsApp.

Dia menjelaskanWhatsApp sedang dalam pembicaraan dengan mitra keuangan di Indonesia tentang pembayaran. Namun diskusi masih dalam tahap awal. WhatsApp juga menggandeng beberapa alat pembayaran di Indonesia seperti Go-Jek, perusahaan pembayaran mobile DANA, didukung oleh Ant Financial Cina, dan startup fintech OVO.

Kesepakatan dengan ketiga perusahaan itu diperkirakan akan diselesaikan dalam waktu dekat. WhatsApp juga telah mendekati Bank Mandiri yang mengoperasikan dompet digital. Layanan ini awalnya direncanakan akan dimulai pada akhir 2019, tetapi dua sumber mengatakan mereka memperkirakan akan ditunda beberapa bulan.

Pasalnya WhatsApp tidak ingin diluncurkan di Indonesia sebelum India. Salah satu sumber mengatakan WhatsApp perlu mendapat persetujuan dari regulator Bank Indonesia.