Apple Dapatkan Lebih dari Dua Ribu Paten Tahun Lalu

"Apple berada di posisi 10 besar dalam jajaran perusahaan AS dengan paten terbanyak."
Apple Company (net)

KLIKPOSITIF-Tahun lalu Apple dilaporkan berhasil mendapatkan lebih dari 2.000 paten. Jumlah itu sekaligus menempatkan Apple di posisi 10 besar dalam jajaran perusahaan AS dengan paten terbanyak.

Tapi ternyata, beberapa badan yang mencatat paten ini menunjukkan jumlah yang berbeda. Intellectual Property Owners (IPO) mengatakan kalau paten yang diberikan kepada Apple di tahun 2018 adalah sebanyak 2.147 paten.

Jumlah itu sudah resmi terdaftar di US Patent and Trademark Office (USPTO) dan menempatkan Apple di posisi ke-11 dalam daftar perusahaan dengan paten terbanyak di AS. Sementara itu, Information for Industry, Inc. (IFI) punya data yang sedikit berbeda dari IPO.

IFI mencatat Apple berhasil mendapatkan hak paten hingga 2.160. Sekaligus menempatkan Apple di posisi ke-9 dalam daftar terbanyak.

Berikut ini peringkat perusahaan dengan paten terbanyak menurut IPO dan IFI.

Rangking IPO:

International Business Machines Corp.
Samsung Electronics Co., Ltd.
Canon K.K.
General Electric Co.
Intel Corp.
Alphabet Inc.
LG Electronics Inc.
Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., Ltd.
Microsoft Corp.
Qualcomm, Inc.
Apple, Inc.

Rangking IFI:

International Business Machines Corp.
Samsung Electronics Co Ltd.
Canon Inc.
Intel Corp.
LG Electronics Inc.
Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) Ltd.
Microsoft Technology Licensing LLC.
Qualcomm Inc.
Apple Inc.
Ford Global Technologies LLC.
Google LLC.

Walaupun punya data yang sedikit berbeda, tapi kedua lembaga sepakat kalau IBM, Samsung, dan Canon ada di jajaran teratas.

Apple sendiri memang tercatat selalu mendaftarkan sejumlah paten baru setiap minggunya. Jumlah paten tersebut tentunya bukan cuma tentang produk gadget baru.

Beberapa paten yang biasa diajukan misalnya adalah desain komponen, sistem software, atau hanya sekedar ... Baca halaman selanjutnya