IPhone 11 Disebut Gunakan Layar OLED Mirip Galaxy Note 10

" iPhone 11 akan menggunakan layar OLED dengan material yang sama seperti seri Galaxy Note 10"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-September nanti Apple akan merilis iPhone terbaru yang telah ramai disebut sebagai iPhone 11. Informasi terbaru menyebutkan jika spesifikasi layar iPhone 11 diketahui menggunakan OLED.

Menariknya layar yang digunakan ternyata memiliki kualitas yang sama dengan layar OLED Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+. Kabar ini disampaikan oleh media Korea Selatan, thelec.kr.

Laporan menyebut bahwa iPhone 11 akan menggunakan layar OLED dengan material yang sama seperti seri Galaxy Note 10. Keputusan tersebut cukup berbeda dengan tindakan Apple saat meminta material yang berbeda pada iPhone X dan iPhone XS.

Bila pada iPhone X dan iPhone XS Apple menggunakan material ‘LT2’ maka pada iPhone 11 mendatang Apple dikabarkan meminta material ‘M9’, sama seperti yang digunakan Galaxy Note 10.

Hal ini tentu tidak aneh, sebab Apple memang telah menunjuk Samsung Display sebagai pemasol layar OLED untuk Apple. Samsung seharusnya memperbaharui material layar setiap 2 tahun, tetapi pada tahun ini Samsung memilih untuk menggunakan kembali material ‘M9’ alih-alih menggunakan material baru.

Langkah ini dilakukan Samsung Display untuk mengurangi jumlah pemasok dan memperketat pengeluaran. Karena menggunakan material lama, sebagai perbandingan iPhone XS dan XS Max memiliki nilai 458 ppi (pixel per inch), Galaxy S10 dan S10+ punya nilai 550 ppi dan 522.

Sedangkan Galaxy Note 10 dan Note 10+ memiliki nilai 401 ppi dan 498 ppi. Setidaknya, pengguna telah memiliki gambaran dari material ‘M9’ yang juga disematkan pada Galaxy Note 10 dan Note 10+. Meski demikian, kabar ini masih berupa rumor yang dapat berubah menjelang peluncuran iPhone 11 mendatang.