Istimewanya Google Doodle HUT RI Kali Ini

"Masih penuh warna sebagaimana ciri khas Google, Doodle kali memperlihatkan pemandangan di mana sejumlah orang tampak tengah menghias gapura"
Tampilan Google Doodle di momen HUT RI tanggal 17 Agustus 2019. (Google.com)

KLIKPOSITIF - Di tanggal 17 Agustus 2019 ini, Google Doodle kembali turut hadir merayakan peringatan HUT RI atau Hari Kemerdekaan RI. Kali ini, tampilannya beda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahkan ada sesuatu hal vital yang sangat tersembunyi!

Bagi yang sudah membuka Google hari Sabtu (17/8/2019) ini, pasti sudah melihat Doodle yang mereka hadirkan kali ini untuk pengakses internet Indonesia. Secara sekilas memang tak terlalu istimewa, masih menampakkan suasana terkait perayaan HUT RI, sebagaimana juga sempat dihadirkan Google Doodle di momen 17 Agustus tahun-tahun sebelumnya.

Masih penuh warna sebagaimana ciri khas Google, Doodle kali memperlihatkan pemandangan di mana sejumlah orang tampak tengah menghias gapura. Warna merah-putih cukup menonjol di gambar itu, mulai dari cat gapura, tulisan HUT ke-74 RI-nya, hingga pada bendera-bendera kecil yang dipasang.

"Warga masyarakat juga bergotong-royong membuat gerbang Gapura, sebagaimana diperlihatkan Doodle hari ini. Gerbang penuh warna ini (biasanya) dibuat dari benda-benda bekas pakai, yang mempercantik pintu masuk ke lingkungan-lingkungan desa mereka dan merayakan Kemerdekaan Indonesia bersama-sama," tulis pihak Google dalam salah satu bagian penjelasannya.

Pihak Google juga sekalius menginformasikan bahwa Doodle hari ini dibuat khusus oleh seniman atau desainer Indonesia, Hari Prast. Yang menarik, Google bahkan menampilkan sketsa awal rancangan Doodle tersebut di laman penjelasannya.

Sebagaimana disebutkan di bagian awal tulisan ini, Google Doodle ini memang istimewa dibanding apa yang sudah dibuat dan dimunculkan Google di tahun-tahun sebelumnya. Bahwa ini merupakan karya putra Indonesia, memang cukup istimewa, namun sebelumnya juga sebenarnya sudah pernah.

Hal menarik lain yang menonjol adalah bahwa di antara deretan Google Doodle di momen HUT RI dari tahun ke tahun sejauh ini, baru kali ini menggunakan animasi --meskipun belum termasuk jenis ... Baca halaman selanjutnya