Apple Pasang Fitur Deteksi Baterai Palsu di iPhone

"Menurut Apple pengguna akan merasa lebih aman dan nyaman dengan mengganti baterai di servis resmi Apple"
Baterai iPhone (net)

KLIKPOSITIF-Apple diketahui memasang fitur baru pada iPhone untuk mendeteksi baterai. Dilansir dari iFixit peringatan akan muncul bila diketahui bahwa pengguna menggunakan baterai tidak asli atau melakukan penggantian baterai di luar servis resmi Apple.

Apple mengatakan keputusan memasang fitur itu dilakukan demi kebaikan konsumen. Dalam pernyataannya, Apple memberikan peringatan tersebut untuk melindungi pengguna dari malfungsi baterai, termasuk potensi berbahaya lain seperti ledakan.

Apple mengungkap, pengguna akan merasa lebih aman dan nyaman dengan mengganti baterai di servis resmi Apple (Apple authorized services providers). Apple juga meluruskan informasi yang beredar bahwa iOS tidak akan membatasi beberapa fitur di iPhone jika peringatan tersebut muncul.

Dalam laporan iFixit menyebut bahwa sejak peringatan baterai tersebut muncul tertulis juga ada beberapa fitur yang tak bisa digunakan. Sebelumnya, peringatan baterai ini muncul usai seorang pengguna melakukan penggantian baterai iPhone XS miliknya dengan baterai tak resmi.

Imbasnya, saat ia mengecek menu Battery Health, muncul peringatan bahwa baterai yang digunakan tidak resmi dan disarankan melakukan penggantian baterai di servis resmi Apple.

Mengutip Appleinsider, ternyata peringatan Battery Health tersebut hanya muncul pada iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max. Apple kerap melakukan program penggantian baterai untuk iPhone.

Terakhir pada 2018 silam tercatat ada 11 juta baterai yang ditukarkan oleh pengguna melalui battery replacement program. Program tersebut sukses sebab Apple menurunkan harga penggantian baterai cukup signifikan, dari $79 menjadi $29.