Adu Kecerdasan, Google Assistant Paling Pintar

" Google Assistant unggul dengan nilai mencapai 92,9%."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Gene Munster dari Loup Ventures mencoba untuk membandingkan tiga asisten kecerdasan buatan yang paling populer. Mereka adalah Siri, Alexa dan Google Assistant.

Kecerdasan ketiganya takar berdasarkan jawaban atas sejumlah pertanyaan. Ada beragam kategori pertanyaan yang diberikan, totalnya 800 kali pertanyaan.

Hasilnya adalah Siri bisa menjawab 83% pertanyaan tersebut, unggul dari Alexa namun masih kalah dari Google Assistant. Dikutip dari MacRumors, Alexa mencatat skor 79,8% pertanyaan berhasil dijawab. Sedangkan Google Assistant unggul di angka 92,9%.

Secara lebih detail, ada 5 kategori pertanyaan yang diberikan yaitu Local, Commerce, Navigation, Information dan Command. Siri cukup berhasil di bagian Command, Local dan Navigation.

Namun asisten cerdas milik Apple ini kalah pada kategori Information dan Commerce. Catatan terbaik untuk Siri ada di kategori Command atau perintah. Contohnya seperti perintah untuk membuat catatan, alarm atau hal ringan lainnya.

Loup Ventures setiap tahun melakukan pengujian ini dan terbukti bahwa Siri mengalami peningkatan cukup signifikan. Contohnya untuk tahun lalu, Siri hanya bisa menjawab 79% pertanyaan dan tahun ini meningkat ke 83%.