Peneliti Keamanan Cyber Buat Kabel Lightning untuk Meretas Jarak Jauh

" kabel ini akan memunculkan deretan skrip yang bisa digunakan untuk meretas data dari komputer lain"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-MG, sebuah tim peneliti keamanan cyber mengungkap perangkat kabel USB yang baru dikembangkan. Kabel yang dikembangkan MG ini punya kemampuan meretas data bahkan dari jarak jauh.

Kabel yang diberi nama O.MG Cable ini rupanya memang menggunakan perangkat kabel Lightning sebagai dasarnya. Kabel ini kemudian dimodifikasi sedemikian rupa pada bagian komponennya sehingga tidak akan bisa dibedakan secara fisik.

Sistem kerjanya cukup sederhana. Ketika terhubung ke perangkat komputer kabel ini punya fungsi yang juga sama seperti kabel USB pada umumnya. Sebagai tambahan, kabel ini kemudian akan memunculkan deretan skrip yang bisa digunakan untuk meretas data dari komputer lain.

Dengan pengaturan ini seorang hacker bisa dengan mudah mengambil alih sebuah perangkat komputer secara menyeluruh dengan mudah. Dalam uji cobanya dengan tim Motherboard, MG menunjukkan kalau kabel ini bisa tersambung dengan target yang berada dalam jark 300 kaki atau sekitar 91 meter.

Walaupun harus berada dalam jarak tertentu, tapi dengan sedikit trik koding kabel ini bisa mendapatkan akses untuk jarak yang bahkan tidak terbatas. MG juga menjelaskan kalau kabel ini bisa ditukar secara diam-diam dengan kabel Lightning milik target sebelum melancarkan aksinya.

Walaupun terkesan berbahaya, MG juga menawarkan teknologi ini untuk menjadi alat keamanan yang sah dan dipasarkan dengan bebas. Rencananya MG akan menjual kabel ini dengan harga $200 atau setara Rp 2,8 jutaan.