iPhone XR Belum Mampu Dorong Penjualan Global Apple

" Dalam laporan pendapatan Q2 tahun ini diketahui iPhone XR berhasil meraih market share hingga 7,8%. "
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-iPhone XR sukses menjadi model iPhone plaing digemari oleh masyarakat AS. Dalam laporan pendapatan Q2 tahun ini diketahui iPhone XR berhasil meraih market share hingga 7,8%. 

Capaian itu membuat iPhone XR unggul dari produk iPhone lain, yaitu iPhone 8 dan iPhone XS yang ada di posisi kedua dan ketiga sebagai ponsel favorit. Namun kepopuleran iPhone XR ini masih belum mampu mendongkrak angka penjualan iPhone dalam skala global.

Dalam pasar global, produk ponsel dari Apple ini nyatanya masih kalah bersaing dengan merek lainnya yang menggunakan Android. Menurut laporan dari Kantar, dalam periode ini juga terjadi perubahan minat berdasarkan sistem operasi yang digunakan.

Bahkan di AS sendiri tercatat pengguna iOS juga mengalami penurunan dari 38,7% di tahun 2018 menjadi 36,3% di tahun 2019 ini. Berdasarkan laporan Q2 2019 lalu, pengguna iOS justru terus mengalami penurunan presentase dari tahun ke tahun.

Di Eropa misalnya, peminat iOS menurun sekitar 0,8% menjadi hanya 19,1% tahun ini. Hal ini berbanding terbalik dengan penjualan produk Android yang mengalami lonjakan menjadi 80,1% di tahun ini.

Penjualan produk iOS ini di Tiongkok justru mengalami peningkatan dari 19,4% menjadi 19,7% di tengah panasnya perang dagang. Tapi perlu diingat, hasil tersebut adalah berdasarkan laporan pada periode Q2 2019. Untuk hasil pada periode Q3 sendiri baru akan diumumkan pada tanggal 30 Juli 2019 nanti.