Langgar Privasi, Google Hapus Sejumlah Aplikasi

"Aplikasi tersebut itu dianggap melanggar privasi dengan memata-matai pengguna."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sejumlah aplikasi yang diketahui melanggar privasi di hapus Google dari Play Store. Aplikasi tersebut itu dianggap melanggar privasi dengan memata-matai pengguna.

Kepala Intelijen dan Ancaman Mobile Avast Nikolaos Chrusaidos mengungkapkan bahwa deretan aplikasi ini tidak seharusnya berada di Google Play Store dan bisa diunduh secara bebas. Ia menambahkan aplikasi ini bermasalah untuk privasi karena mempromosikan perilaku kriminal dan bisa disalahgunakan untuk memata-matai pengguna.

Aplikasi-aplikasi ini disebut sebagai Stalkerware. Nikolaos Chrusaidos mengatakan bahwa timnya menggunakan apklab.io dan bekerja sama dengan Google untuk menghindari aplikasi-aplikasi itu. Menurut ZDNet, aplikasi mencurigakan itu disebut-sebut dikembangkan oleh developer Rusia.

Terdapat setidaknya tujuh aplikasi yang telah dihapus Google, di antaranya adalah Track Employees Check Work Phone Online Spy Free, Spy Kids Tracker, Phone Cell Tracker, Mobile Tracking, Spy Tracker, SMS Tracker, dan Employee Work Spy.

Ketujuh aplikasi tadi mungkin awalnya dibuat untuk membantu pengguna mengawasi kerabat. Namun, aplikasi malahan meminta akses ke ponsel pengguna yang mencakup informasi pribadi, seperti lokasi, mengumpulkan kontak, SMS, hingga riwayat panggilan telepon. Jika pengguna memberikan izin akses, data tadi dapat disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.