Apple Kembangkan Sistem Operasi Berbasis Siri

"Siri akan semakin dikembangkan oleh para developer dan diintegrasikan dalam berbagai aplikasi"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple diketahui akan mengeluarkan sistem operasi berbasis Siri. Hal ini diketahui dari Mangrove Capital Partners yang mengeluarkan laporan Voice Tech Report for 2019.

Dalam laporan tersebut, diprediksi bahwa pada WWDC 2020, Apple akan memperkenalkan SiriOS untuk membuat ekosistem Siri. Laporan tahunan Mangrove Capital Partners menyebut adopsi asisten suara akan tumbuh dan Siri akan mencapai perkembangan signifikan pada 2020 mendatang.

Laporan terebut mengindikasikan bahwa Siri akan semakin dikembangkan oleh para developer dan diintegrasikan dalam berbagai aplikasi. Terlebih, Apple telah mengembangkan teknologi asisten suara sejak 1987 silam.

Mangrove Capital juga memuji akuisisi startup AI yang fokus pada privasi, Silk Labs yang baru saja dilakukan oleh Apple. Mereka menyebut, akuisisi tersebut membuktikan bahwa Apple memang sangat peduli terhadap privasi penggunanya.

Bila benar akan muncul SiriOS, maka ekosistem baru tersebut akan bersaing dengan Alexa milik Amazon yang telah lebih dahulu hadir. Namun, dengan menawarkan SiriKit pada para developer, SiriOS dapat bekerja lebih luas berkat integrase dengan iOS, iPadOS, dan macOS.

Laporan tahunan tersebut juga mengungkapkan bahwa pada 2025 teknologi suara akan menyumbangkan $1 triliun pada eknomi dunia, melebihi pertumbuhan aplikasi mobile. Pada 2018, teknologi suara telah menyumbangkan $2 miliar pada perekonomian dunia.