Ingin Panel Dock Lebih Rapi, Begini Caranya

"Dock akan hilang dan kemudian muncul kembali dengan sebuah jarak kosong"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Panel Dock pada komputer Mac berfungsi sebagai lokasi aplikasi atau file yang sering digunakan agar gampang diakses. Letaknya di desktop membuat aplikasi pada Dock mudah diakses. Banyaknya jumlah aplikasi terkadang membuat tampilan Dock jadi terlalu ramai.

Ada satu cara untuk membuat tampilan Dock ini jadi lebih menarik. Dengan pengaturan yang tepat pengguna bisa memberi jarak atau spasi antar aplikasi di Dock. Cara pengaturannya juga tidak terlalu rumit.

Pertama, buka Terminal, bisa lewat folder Applications, lalu akses Utilities – Terminal atau Gunakan Spotlight. Copy lalu paste atau ketik secara manual perintah di bawah ini.
defaults write com.apple.dock persistent-apps -array-add ‘{tile-data={}; tile-type=“spacer-tile”;}’
Kemudian sekali lagi copy lalu paste perintah berikutnya: killall Dock

Jika prosesnya benar Dock akan hilang dan kemudian muncul kembali dengan sebuah jarak kosong. Silahkan atur letak aplikasi dengan cara drag and drop sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk memberikan jarak kosong di Dock bagian Dokumen caranya hampir sama. Pertama buka Terminal, bisa lewat folder Applications – Utilities – Terminal atau Gunakan Spotlight.
Copy lalu paste atau ketik secara manual perintah: 
defaults write com.apple.dock persistent-others -array-add ‘{tile-data={}; tile-type=“spacer-tile”;}’ dan tekan enter. Kemudian sekali lagi copy lalu paste perintah berikutnya: killall Dock.U

Ulangi cara di atas untuk memunculkan jarak kosong sebanyak uang diinginkan. Jika ingin menghapus jarak kosong tinggal klik kanan di atas ikon kosong tersebut lalu pilih Remove from Dock