Ini Daftar Layanan Apple yang Absen di Tanah Air

"Apple punya beragam produk lain yang tidak tersedia di Indonesia"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Ada beberapa layanan Apple yang tidak bisa digunakan alias tidak tersedia bagi pengguna iPhone dan produk Apple lainnya di Indonesia. Sebetulnya Apple punya beragam produk lain, contohnya adalah layanan atau Services.

Beberapa layanan Apple ini menjadi favorit di negara lain. Namun sayangnya tidak tersedia di Indonesia. Berikut ini sejumlah layanan Apple yang tidak tersedia di tanah air:

Apple Pay
Apple Pay adalah cara paling mudah untuk melakukan pembayaran di sebuah toko fisik atau toko online. Sistem Apple Pay dibuat untuk menghubungkan kamu dan akun kartu kredit namun menjamin bahwa data privasi pengguna tetap aman, proses transaksi cepat dan proses otentifikasi lewat Touch ID atau

Face ID
Apple Pay pertama kali dikenalkan di Amerika Serikat pada Oktober 2014. Sekarang Apple Pay sudah mendukung puluhan negara di dunia sepanjang perkembangannya selama 5 tahun.
Fitur turunan dari Apple Pay yang sudah dibuat oleh adalah Apple Pay Cash dan Business Chat.

Apple News
Apple News adalah aplikasi berlangganan majalah digital yang dibuat setelah Apple membeli layanan Texture. Apple News+ dikenalkan pada Maret 2019 dan sekarang masih terbatas hanya ada di Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia.
Sebelum ada Apple News+, layanan ini bernama Apple News yang berisi informasi dari beragam website favorit sebagai portal lengkap untuk mendapatkan berita atau info harian terbaik.
Baik Apple News+ atau Apple News belum ada yang mendukung untuk digunakan di regional Indonesia.

Apple Books
Selain App Store dan iTunes Store, Apple sebetulnya juga punya toko online untuk buku digital dan buku audio. Sayangnya di Apple ID regional Indonesia, Apple tidak menjual konten e-book atau Audio Book dalam jumlah yang banyak. Padahal jika menggunakan Apple ID regional Amerika Serikat atau Australia, ada ratusan buku digital yang dapat dibeli dan ... Baca halaman selanjutnya