Masih dalam Versi Beta, iOS Baru Apple Miliki Celah Keamanan

"Apple sebenarnya mengimbau untuk tidak menggunakan iOS 13 dan iPadOS pada perangkat utama"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Sistem operasi baru milik Apple yang sedang diujicoba dalam versi beta yani iOS 13 dan iPadOS 13 sudah digunakan untuk sehari-hari. Meskipun sebenarnya memang belum resmi dirilis oleh Apple.

Apple sebenarnya mengimbau untuk tidak menggunakan iOS 13 dan iPadOS pada perangkat utama, sebab masih banyak bug yang belum selesai. Satu di antaranya, iOS 13 dan iPadOS memiliki bug yang membuat selain pengguna dapat melihat username dan password pemilik akun.

Orang asing selain pengguna ternyata dapat melihat username dan password yang tersimpan dalam iPhone atau iPad dengan mudah, cukup ke menu setting. Pada aplikasi setting tersebut cukup memilih opsi ‘website & app passwords’.

Bahkan, untuk dapat mengakses username dan password yang tersimpan pada opsi tersebut tidak membutuhkan pengenalan Face ID, Touch ID, ataupun passcode. Mengutip iDevice, pengaturan tersebut tidak terkunci begitu mengakses aplikasi setting.

Apple memang telah menghimbau pengguna untuk tidak sembarang menginstal iOS 13 dan iPadOS beta untuk publik. Sebab masih banyak bug dan tidak support aplikasi yang masih terjadi.

Developer Fortnite, Epic Games beberapa hari lalu juga menghimbau para pemain agar tidak menggunakan iOS 13 dan iPadOS bila ingin bermain Fortnite.