Mini Cooper SE, Mobil Listrik Perdana Mini dengan Quick Charge

"Untuk isi ulang baterai sampai 100 persen, hanya dibutuhkan waktu 3,5 jam"
MINI Cooper SE (net)

KLIKPOSITIF-MINI akhirnya membuka soal mobil listrik perdana miliknya. Mobil dengan desain menarik ini dinamakan MINI Cooper SE. Dilansir dari Auto Express, Anggota Dewan BMW Peter mengatakan bila munculnya mobil MINI listrik akan menarik minat konsumen sehingga bisa mengurangi polusi udara di perkotaan.

Dari segi tampilan, MINI Cooper SE mengusung konsep mobil yang diperkenalkan pada September 2017 lalu di Frankfurt Motor Show. Warna kuning cerah pada grille depan dan spion sengaja ditampilkan untuk menunjukkan kesan fungky. Selain itu, di bagian bawah mobil hampir sebagian tertutup untuk mengurangi hambatan aerodinamis.

Soal dapur pacunya, MINI Cooper SE disokong oleh motor listrik yang mampu memproduksi tenaga 181 HP. Makin mumpuni, ada juga baterai lithium-ion 12 modul sebagai sumber tenaga. Baterai itu memiliki daya 32,6 kWh dengan jarah tempuh maksimal 270 km. Untuk isi ulang baterai sampai 100 persen, hanya dibutuhkan waktu 3,5 jam. Sementara itu berkat fitur quick-charge, cukup 35 menit baterai bisa diisi hingga 80 persen.

Kemampuan akselerasi pun tak perlu diragukan, mobil listrik tersebut dapat berpindah dari 0-100km/jam hanya dalam waktu 7,3 detik. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya mencapai 150km/jam.