Masalah Airbag, Toyota Recall 60 Ribu Unit Rush

"Penarikan ini dilakukan lantaran ditemukan cacat pada komponen curtain shield airbag ECU."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Toyota mengumumkan penarikan atau recall sekitar 60.000 Toyota Rush di Indonesia. Penarikan ini dilakukan lantaran ditemukan cacat pada komponen curtain shield airbag ECU.

Dari enam airbag pada Toyota Rush, dua terletak di atas jendela-jendela samping - untuk melindungi kepala pengemudi dan penumpang dari benturan saat terjadi tabrakan. Inilah yang disebut curtain airbag.

Penarikan ini menimbulkan pertanyaan tentang nasib Daihatsu Terois yang dinilai mirip dengan Rush. Dilansir dari Suara.com Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan bahwa Daihatsu Terios di Tanah Air aman dari recall.

"Daihatsu Terios tidak pakai curtain shield. Jadi tidak ada recall," terang Amelia.

Meski mirip, Daihatsu Terios dan Toyota Rush memang memiliki beberapa perbedaan signifikan. Perbedaan itu antara lain soal airbag. Jika pada Rush terdapat enam airbag, Daihatsu Terios hanya menyediakan dua airbag. Sementara dua airbag Daihatsu Terios terletak di lingkar kemudi dan satu lagi terpasang di dashboard sisi penumpang.

TAM telah mengumumkan akan me-recall 60.000 Toyota Rush di Indonesia dari tahun produksi Desember 2017 hingga Februari 2019. Dalam program recall itu para pemilik Rush dipersilahkan membawa mobil mereka ke bengkel-bengkel resmi Toyota untuk diperbaiki secara gratis.