Bikin OS Sendiri, Huawei Beri Nama Harmony

"Nama OS Harmony pun dirumorkan sudah terdaftar di European Union Intellectual Property Office"
Huawei (net)

KLIKPOSITIF-Huawei sudah diketahui sedang sistem operasi yang mereka sebut sebagai Hongmeng. Namun, mereka tidak akan menjadikan Hongmeng sebagai nama global untuk OS besutannya itu.

Dilansir dari GSM Arena Huawei dikabarkan telah mendaftarkan nama Harmony untuk sistem operasi mobile dan komputer miliknya. Nama OS Harmony pun dirumorkan sudah terdaftar di European Union Intellectual Property Office, dengan tanggal pendaftaran pada 12 Juli 2019.

Meski begitu, pihak Huawei sendiri belum memberikan komentarnya terkait rumor ini. Sebagai informasi, sistem operasi Huawei menjadi pusat perhatian pada beberapa bulan terakhir ini lantaran meningkatnya tensi perdagangan Amerika Serikat dan Cina.

Presiden AS Donald Trump menginstruksikan perusahaan teknologi asal AS untuk tidak menjalin kerjasama dengan pihak Huawei, yang ia sebut sebagai mata-mata pemerintah Cina di sektor teknologi. Akibatnya, dukungan Android untuk Huawei dicabut oleh Google.

Meskipun pada akhirnya Trump menghentikan embargo untuk Huawei pada KTT G20 di Osaka, Jepang, pada awal bulan ini, namun Huawei tetap mengambil langkah antisipatif.

Hongmeng yang mulai dikembangkan sejak 2015 lalu itu bersiap meluncur pada tahun ini. Berbagai rumor mengatakan bahwa OS Hongmeng atau Harmony akan diperkenalkan secara resmi pada 9 Agustus 2019.

OS, nama global untuk sistem operasi milik Huawei ini sendiri diklaim founder dan CEO Huawei Ren Zhengfei memiliki performa 4 kali lebih baik ketimbang Android kepunyaan Google dan iOS besutan Apple.