Apple Hentikan Penjualan MacBook 12 Inci dan Air Non Retina

"MacBook 12 inci, komputer ini pertama kali rilis di tahun 2015."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple akan menghentikan penjualan MacBook 12 inci dan MacBook Airmodel lama alias yang masih menggunakan MagSafe. Hal ini sepertinya dilakukan Apple untuk lebih menyederhanakan lineup laptop Mac yang kini hanya tersedia dalam tipe MacBook Air Retina Display, MacBook Pro Touch Bar 13 inci dan MacBook Pro Touch Bar 15 inci.

Soal MacBook 12 inci, komputer ini pertama kali rilis di tahun 2015. Desain yang diusung adalah super tipis dan hanya menggunakan sebuah port USB-C. Apple juga pertama kali menggunakan Butterfly Keyboard di MacBook 12 inci hingga akhirnya dibawa ke MacBook Pro dan MacBook Air Retina Display.

Perangkat MacBook 12 inci masih terus mendapatkan versi baru hingga bulan Juni 2017. Laptop ini hadir dalam 4 warna yaitu Silver, Space Gray, Gold dan Rose Gold. MacBook 12 inci adalah satu-satunya laptop Mac yang menggunakan warna Rose Gold.

Selain itu MacBook 12 inci juga menjadi satu-satunya komputer Mac yang menggunakan CPU Intel M3 yang membuatnya desainnya tidak perlu menggunakan kipas pendingin. Sejak Apple merilis MacBook Air Retina Display di tahun 2018, peran MacBook 12 inci menjadi agak rancu alias membingungkan.

MacBook Air Retina Display punya harga lebih murah, port USB-C lebih banyak,mendukung Touch ID dan tentunya CPU lebih kencang. Lanjut ke MacBook Air desain lama, versi terbaru yang dibuat oleh Apple ada di tahun 2017 dan masih dijual hingga tahun ini.

Komputer tersebut tadinya menjadi laptop Mac paling murah dengan harga $999 dengan opsi port yang paling lengkap. Mulai dari MagSafe, Mini Display, USB, hingga SD Card port. Desain MacBook Air tersebut memang sudah cukup uzur, sejak tahun 2010 dan hanya mendapatkan pembaruan hardware di dalamnya. Kini memang sudah waktunya desain tersebut pensiun dan digantikan MacBook Air Retina Display.