Penjualan Sedan Melorot, Toyota Produksi SUV Baru

"Toyota akan menggunakan sejumlah komponen dan pemasok komponen dengan SUV Mazda"
SUV Toyota (net)

KLIKPOSITIF-Toyota diberitakan berencana memproduksi SUV baru di pabrik yang dibangun bersama Mazda di Alabama Amerika Serikat. Langkah ini diambil setelah terus melorotnya penjualan segmen sedan akibat kalah pamor dari model SUV, crossover dan pickup bongsor.

Dilansir dari Car & Driver, SUV anyar Toyota itu akan menggunakan sejumlah komponen dan pemasok komponen dengan SUV Mazda dan akan diproduksi di pabrik patungan yang dibangun dengan nilai US$1,6 miliar Rp22,5 triliun. Namun demikian, tapi kedua model SUV tersebut akan dikembangkan sendiri-sendiri.

Hal itu juga menegaskan bahwa SUV Toyota tersebut bukanlah versi rebadge dari SUV Mazda. Berbeda dengan Toyota Yaris spesifikasi AS yang merupakan rebadge dari Mazda2. Meski Mazda dan Toyota sudah mengonfirmasi kedua model SUV itu akan berbagi beberapa komponen, kedua pabrikan mobil Jepang tersebut belum banyak bicara seputar spesifikasi dan modelnya.

Hanya saja, banyak kalangan pengamat otomotif percaya SUV anyar Toyota adalah versi produksi dari konsep FT-4X yang diperkenalkan di New York Auto Show 2017. Meski belum terkonfirmasi, tapi tak terlalu mengejutkan jika SUV tersebut adalah perwujudan dari konsep FT-4X. Terlebih Kepala Desainer Toyota Motor North America, Jim Lentz, sebelumnya mengatakan konsep FT-4X sudah siap 75% untuk diproduksi.

Seperti C-HR, FT-4X juga akan menggunakan platform TNGA, tapi dengan ruang kabin lebih lega dan mengadopsi sistem gerak all-wheel drive. Aspek terakhir ini penting bagi Toyota, karena penjualan C-HR agak tersendat di AS karena tidak adanya fitur all-wheel drive.

Kehadiran versi produksi dari FT-4X Concept, yang memiliki gaya desain serba kotak dan gagah, seakan menutupi kekecewaan sebagian konsumen yang merasa kehilangan Toyota FJ Cruiser, yang disetop produksinya akibat lesunya penjualan.

Sekilas, desain FT-4X mengingatkan kita pada desain kotak ala Toyota Land Cruiser klasik tapi bergaya modern. Interior ... Baca halaman selanjutnya