Terdapat Celah Keamanan, Aplikasi Zoom Bisa Curi Akses Kamera Komputer

" perangkat komputer Mac yang diinstal aplikasi Zoom akan mengalami kerentanan akses perangkat kamera"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Aplikasi video call bernama Zoom diberitakan memiliki celah keamanan yang sangat berbahaya. Dilansir dari The Verge, celah keamanan ini ditemukan oleh peneliti keamanan Jonathan Leitschuh.

Jonathan berhasil membuktikan bahwa perangkat komputer Mac yang diinstal aplikasi Zoom akan mengalami kerentanan akses perangkat kamera. Menurutnya web apapun dapat melakukan panggilan yang mendukung video di Mac, tanpa persetujuan dari pengguna alias mencuri akses kamera.

Hal ini dapat terjadi karena diduga Zoom menginstal layanan web server pada setiap komputer Mac. Bahkan saat pengguna menghapus Zoom, web server tadi akan menginstal ulang Zoom secara diam-diam.

Sebelumnya Jonathan Leitschuh sudah memberikan pemberitahuan kepada Zoom untuk celah keamanan yang dia temukan sejak Maret 2019. Namun setelah 90 hari, tim pengembang Zoom masih belum dapat menutup celah keamanan ini secara sempurna.

Bahkan Jonathan sudah melaporkan hal ini kepada tim Chromium dan Mozilla, namun celah keamanan ini berada di tangan Zoom bukan di aplikasi peramban. Sebagai tindakan pencegahan, Jonathan menyarankan pengguna untuk mengunduh Zoom versi terbaru dan mematikan fitur video saat bergabung di sebuah panggilan video secara otomatis.

Pihak Zoom juga telah memberikan komentar kepada The Verge bahwa layanan mereka memang membuat localhost atau web server untuk mempermudah penggguna menikmati beberapa fitur. Zoom yakin bahwa penggunaan fitur ini akan mempermudah pengguna dalam fitur bergabung ke sebuah panggilan secara lebih cepat dan sekali klik saja.

Namun Zoom juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat ada perubahan yang akan diberikan sebagai tindakan keamanan tambahan. Yaitu menyimpan pengaturan yang sebelumnya dilakukan pengguna seputar video akan otomatis diaktifkan saat bergabung ke sebuah panggilan atau tidak.

Cara ini dianggap paling praktis dan tidak mengubah banyak hal seputar antarmuka di Zoom. Zoom ... Baca halaman selanjutnya