Pendiri Apple Sarankan untuk Berhenti Gunakan Facebook, Ini Penyebabnya

"Woz mengatakan bahwa kebocoran masalah privasi pengguna di internet tidak sebanding dengan layanan yang didapatkan"
Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak (net)

KLIKPOSITIF-Pendiri Apple Steve Wozniak, mengatakan bahwa para pengguna internet sebaiknya segera berhenti untuk menggunakan Facebook. Hal ini berhubungan dengan isu privasi data pengguna yang selama ini menghantui para pengguna internet, khususnya saat menikmati sosial media Facebook.

Hal ini disampaikan oleh Woz dalam sebuah wawancara singkat bersama TMZ. Diketahui jika Steve Wozniak sudah berhenti menggunakan Facebook sejak beberapa pekan setelah skandal Cambridge Analytica di bulan Maret 2018.

Woz mengatakan bahwa kebocoran masalah privasi pengguna di internet tidak sebanding dengan layanan yang didapatkan. Bisa saja ponsel yang sedang digunakan saat ini, diam-diam telah mendengarkan setiap pembicaraaan yang terjadi.

Karena pentingnya privasi pengguna, Woz merasa dia dan siapa saja yang punya pemikiran yang sama, harus berpikir untuk berhenti menggunakan Facebook. Dalam bagian akhir video, Woz memberikan sebuah solusi yang selama ini tidak dilakukan oleh para penyedia layanan sosial media.

Solusi ini berupa membuat layanan berbayar untuk menjamin privasi data pengguna tidak akan diobral karena layanan yang digunakan bersifat gratis. Dengan membuatnya menjadi berbayar, pemilik layanan punya tanggung jawab untuk menjaga data privasi pengguna dari para pengiklan.

Steve merupakan salah satu pendiri Apple. Dia bersama Steve Jobs dan Ronald Wayne mengembangkan komputer pribadi pada April 1976. Pada 1977 mereka mendirikan perusahaan dengan nama Apple Computer, Inc.