Hati-hati Memainkan Game Horor Ini, Password Android Anda Bisa Dicuri

"Tidak langsung bereaksi usai di-install, game ini akan menunggu beberapa hari sebelum kemudian menyebarkan malware"
Game Scary Granny (net)

KLIKPOSITIF -- Game Online berjudul Scary Granny belum lama ini menjadi ancaman bagi pengguna Android usai ditemukan bahwa game ini bisa mencuri password penggunanya.

Dilansir dari Naked Security, hal ini ditemukan pertama kali oleh para keamanan dari Wandera yang mendapati bahwa game Scary Granny ini telah terinfeksi malware yang cukup berbahaya. Wandera dalam penelitiannya menemukan bahwa Game Scary Granny ini terdapat di Google Play.

Tidak langsung bereaksi usai di-install, game ini akan menunggu beberapa hari sebelum kemudian menyebarkan malware. Hal ini diduga dilakukan oleh developer untuk mengelabui pengguna agar tidak curiga bahwa game ini ternyata adalah malware.

Nantinya saat kamu membuka dan memainkan game ini, kamu akan menemukan iklan pop-up yang cukup mengganggu. Cukup canggih, pop-up ini sengaja disamarkan untuk membuatnya terlihat mirip dengan aplikasi-aplikasi normal lainnya. Si pengguna lalu tidak akan curiga dengan hal ini.

Usai muncul pop-up, kamu lalu akan menemukan iklan pembayaran untuk mencoba menipu penggunanya dengan meminta untuk membayar lebih dari 20 dolar AS untuk mendapatkan versi lengkap dari game ini.

Sama seperti game lainnya, Scary Granny merupakan game bertahan dari serangan zombie. Hampir serupa dengan game Android lainnya yaitu Granny. Tidak hanya berisi malware, game Scary Granny in juga berisi phishing yang berguna untuk menambah kredensial akun Google.

Jika kamu percaya dan memberikan akun Google milikmu pada aplikasi game ini, siap-siap alamat, email, nomor telepon, tanggal lahir, kode otentikasi, hingga password kamu akan diakses oleh game tersebut.

Setelah melakukan penelusuran, diketahui bahwa game Scary Granny ini merupakan game tiruan dari platform game populer di Andorid bernama Granny, Tidak mengetahui bahwa game ini adalah tiruan, total pengunduh game ini sudah menyentuh angka 100 juta pengguna.

Daripada harus menanggung perangkat ... Baca halaman selanjutnya