Keluhan Spotify Soal Monopoli, Ini Kata Apple

"Apple mengatakan bahwa Spotify hanya membayar Apple sebesar 15% saja"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple akhirnya merespon keluhan Spotify atas monopoli yang dilakukan Apple. Spotify sebagai penyedia layanan musik berlangganan telah mendaftarkan keluhan antimonopoli di Eropa untuk App Store.

Dilansir dari CNET, Apple mengatakan bahwa Spotify hanya membayar Apple sebesar 15% saja. Prosentase jumlahnya juga sangat sedikit. Yaitu sekitar 680 ribu pelanggan saja atau sekitar 0,5% dari jumlah total pengguna Spotify.

Jumlah pengguna tersebut berasal dari sekitar tahun 2014 hingga tahun 2016. Karena pada tahun berikutnya, Spotify berhenti menggunakan layanan in-app purchase dari Apple. Hal ini membuat tidak ada pelanggan baru untuk layanan Spotify Premium yang langsung membeli dari aplikasi di perangkat iOS.

Ini juga membuat pelanggan yang masih tersisa adalah pelanggan lama. Hal ini membuat Spotify dapat memperoleh kebijakan minimal pemotongan 15% dari Apple untuk pembelian in-app purchase.

Sebelumnya Spotify menilai Apple tidak adil karena memotong 30% pendapatan para pemilik konten dalam menggunakan fitur in-app purchase. Di sisi lain Apple juga punya layanan berlangganan yang menurut Spotify sangat tidak adil dan membuat mereka kesulitan bersaing.