Apple Masih Jadi Penguasa Pasar Ponsel Pintar

"Pada kuartal 1 2019, Samsung berhasil menguasai pasar smartphone premium dengan 25 persen."
iPhone (net)

KLIKPOSITIF-Apple masih menjadi penguasa pasar smartphone dunia. Hal ini ditehaui dari laporan kuartal pertama 2019 yang dikeluarkan Counterpoint.

Namun meski tetap yang teratas, Apple mengalami penurunan sebesar 20 persen sejak kuartal pertama tahun lalu dan mengakibatkan pasar smartphone dunia ikut turun sebesar 8 persen. Apple kini dikejar secara ketat oleh dua pesaing utamanya, Samsung dan Huawei.

Fakta menarik justru dicatatkan pesaing terdekat Apple, Samsung. Pada kuartal 1 2019, Samsung berhasil menguasai pasar smartphone premium dengan 25 persen.

Pencapaian tersebut adalah yang tertinggi sejak tahun lalu. Satu penyebab pencapaian Samsung ini adalah gagalnya Apple memberikan terobosan baru pada iPhone dibandingkan model S milik Samsung.

Samsung justru mampu beri terobosan dengan hadirkan jaringan 5G. Mengikuti Samsung, Huawei juga melakukan terobosan serupa dengan mendukung jaringan 5G. Akibatnya, Huawei kini mampu kuasai pasar smartphone premium dunia sebesar 16 persen.

Pencapaian ini didukung dengan kamera ponsel Huawei yang berhasil menarik minat pasar. Mengutip analisis Counterpoint, teknologi 5G akan menjadi penentu pasar dalam beberapa kuartal mendatang. Sebab, teknologi 5G cenderung menjadi ciri khas sebuah smartphone premium.

Huawei juga diprediksi akan alami penurunan penjualan sebab masih hadapi larangan dari Amerika Serikat. Dari 7 regional, Apple berhasil kuasai pasar smartphone premium Amerika Utara (NAM), Timur Tengah (MEA), dan Eropa Barat (WE). Sedangkan Samsung kuasai Amerika Latin (LATAM), Eropa Tengah dan Timur (CEE), serta Asia Pasific kecuali Tiongkok (APAC).