Nokia dan Ericsson Kembangkan Jaringan 6G

"Kerja sama ini terjalin setelah SK Telecom menyatakan keinginannya untuk melahirkan jaringan 6G di masa depan."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Nokia bekerja sama dengan  Ericsson dalam mengembangkan jaringan 6G. Kerja sama ini terjalin setelah SK Telecom menyatakan keinginannya untuk melahirkan jaringan 6G di masa depan.

Dilansir dari ZDNet operator seluler asal Korea Selatan itu pun akhirnya mempersatukan Nokia dan Ericsson dalam sebuah proyek pengembangan jaringan 6G. SK Telecom menginginkan kedua penyedia jaringan telekomunikasi itu untuk menemukan dan mengautentikasi teknologi inti di jaringan 6G.

"Kolaborasi antara perusahaan seperti ini akan menjadi penting karena teknologi dan standar untuk jaringan 6G belum didefinisikan secara jelas," tulis SK Telecom.

SK Telecom bersama Nokia dan Ericsson akan meneliti Ultra Reliable dan Low Latency (URLLC), Distributed Multiple Input Multiple Output (MIMO), kecerdasan buatan (AI) pada jaringan, pita 28GHz dan jaringan 5G Stand-Alone (SA) agat bisa diterapkan pada jaringan komersial.

Di sisi lain, perusahaan telko ini juga menggandeng vendor peralatan telekomunikasi lainnya untuk meningkatkan pemakaian jaringan 5G yang sudah diluncurkan di Korea Selatan pada April lalu. Untuk diketahui kerja sama antara SK Telecom, Nokia, dan Ericsson ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, ketiga pihak juga menggandeng Samsung Electronics untuk membangun jaringan 5G di Korea Selatan.