Demi Keamanan, Apple Batasi Akses Apple Store Onlie di macOS Terbaru

"Apple Store online hanya bisa diakses dengan menggunakan Safari atau macOS versi baru."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Demi keamanan, Apple melakukan pembatasan akses pada Apple Store online. Apple Store online hanya bisa diakses dengan menggunakan Safari atau macOS versi baru.

Apple Store online kini mensyaratkan menggunakan setidaknya OS X 10.10.5 Yosemite ke atas. Hal ini dilakukan untuk menghindari serangan online via internet yang kerap terjadi.
Sedangkan untuk browser Safari, Apple menyarankan untuk gunakan versi 10.1.2 ke atas.

Bila pengguna menggunakan macOS atau Safari di bawah itu untuk mengakses Apple.com, maka akan muncul pesan error “Unsupported Browser Version”. Hal yang sama juga terjadi bila menggunakan browser selain safari, tetapi masih menggunakan OS X 10.10 yang berada di bawah sistem operasi yang disyaratkan.

Pengguna disarankan untuk mengunduh safari versi terbaru ataupun mengupdate sistem operasi yang dimiliki setidaknya ke OS X 10.10.5 Yosemite. Apple mengklaim dengan menjalankan sistem terbaru, serangan online via internet berupa malware ataupun phising dapat dihindari dan ditekan sekecil mungkin.

Saat ini Apple juga tengah kembangkan sistem keamanan baru pada browser Safari. Sistem keamanan ini masih tengah diujikan pada Safari Technology Preview. Safari Technology Preview adalah browser yang khusus diberikan pada para developer untuk dapat melakukan tes update terbaru Safari sebelum diluncurkan.

iPadOS yang rencananya akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang kabarnya juga mampu menampilkan Safari versi desktop.