Huawei Buka Lab 5G di Korea Selatan

"Huawei saat ini tengah menanamkan investasi sebesar 5 juta dolar AS untuk pengembangan teknologi"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Huawei diberitakan telah meluncurkan open lab 5G di Seoul, Korea Selatan. Huawei saat ini tengah menanamkan investasi sebesar 5 juta dolar AS untuk pengembangan teknologi komputasi awan, virtual reality, augmented reality, konektivitas mobil, robot, dan pabrik pintar.

Dilansir dari CNBC, hal tersebut dilakukan untuk memperluas penerapan jaringan teknologi 5G dalam berbagai bidang di masa mendatang. Perusahaan asal Cina itu menjelaskan bahwa uji coba 5G miliknya ini akan digelar secara terbuka untuk berbagai perusahaan-perusahaan asal Korea Selatan dan para mitra bisnis.

Uji coba publik ini dilakukan agar para mitra bisnis dapat melihat secara langsung uji coba teknologi 5G milik Huawei sebagai bentuk kolaborasi. Namun, karena diluncurkan secara diam-diam, tak ada informasi mendetail mengenai open lab 5G tersebut.

Huawei bahkan tidak mengundang awak media atau pejabat nasional. Peluncuran tersebut dilaporkan hanya diikuti oleh perusahaan kecil dan menengah. Korea Selatan sendiri dipilih Huawei sebagai tempat open lab 5G karena negara tersebut tengah mengembangkan jaringan 5G sejak April 2019 lalu.

Namun tampaknya Korea Selatan harus menahan diri mengingat adanya ketegangan antara Amerika Serikat dengan Cina. Negara penghasil gingseng merah tersebut harus menjaga hubungan baiknya dengan Amerika Serikat. Kerja sama antara Korea Selatan dan Huawei ini pun dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyinggung ketegangan antara kedua belah pihak.