Apple Hapus Fitur Dashboard di macOS Catalina

"Fitur Dashboard yang telah hadir selama 14 tahun di macOS ini resmi tidak lagi digunakan."
masOS Catalina (net)

KLIKPOSITIF-Apple telah menghapus fitur Dashboard pada sistem operasi terbaru macOS Catalina. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Apple melalui Webkit. Artinya fitur Dashboard yang telah hadir selama 14 tahun di macOS ini resmi tidak lagi digunakan.

Sebelumnya beberapa pekan lalu, menghilangnya Dashboard diketahui setelah melihat versi beta dari preview macOS Catalina oleh seorang pengguna dan dibagikan melalui akun Twitternya. Kini, dalam changeset di laman Webkit, muncul pemberitahuan bahwa macOS Catalina telah menghapus dukungan pada fitur Dashboard.

Sebagai informasi, Dashboard tidak lagi menjadi fitur default sejak 2014 pada OS X Yosemite. Artinya, pengguna bebas mengaktifkan atau tidak fitur Dashboard ini. Pertama kali diluncurkan pada 2005, Dashboard disematkan pada OS X Tiger saat itu.

Dashboard menjadi tempat meletakkan berbagai widget seperti jam, kalender, calculator, hingga sticky notes. Beberapa widget ini menjadi cikal bakal beberapa aplikasi untuk iPhone pada 2007. Namun, kehadiran Dashboard menjadi kurang bermakna setelah Apple hadirkan fitur Notification Center.

Terlebih, pengguna dapat mengakses Notification Center tanpa perlu pindah dari layar utama. Selain hilangnya Dashboard, macOS Catalina juga memiliki fitur baru seperti SideCar yang mampu gunakan iPad sebagai second screen dan Find My yang mampu lacak perangkat secara offline.