Xiaomi Bikin Gagang Pintu Pintar

"Gagang pintu pintar itu disebut Mijia Smart Door Lock"
Xioami Mijia Smart Door Lock (net)

KLIKPOSITIF-Xiaomi makin fokus mengembangkan perangkat kebutuhan rumah tangga. Kali ini, Xioami merilis gagang pintu pintar dalam konferensi peluncuran produk smart home Mijia, awal pekan ini.

Gagang pintu pintar itu disebut Mijia Smart Door Lock. Dibekali dengan teknologi berupa sensor canggih, gagang pintu pintar milik Xiaomi tersebut dibanderol dengan harga 1.699 yuan atau sekitar Rp 3,5 juta. Mijia Smart Door Lock dibekali dengan teknologi push-pull release.

Desain teknologi tersebut mengintegrasikan modul sensor sidik jari pada bagian pegangannya. Dengan adanya sensor sidik jari, pengguna tidak lagi memerlukan kunci untuk membuka pintu. Perangkat tersebut juga dilengkapi dengan silinder kunci in-line bawaan.

Jika pintu mengalami kerusakan, maka pengguna masih dapat membuka pintu dengan menggunakan kunci fisik. Mijia Smart Door Lock juga memiliki sensor khusus yang dapat mendeteksi apakah pengguna lupa mencabut kunci atau tidak.

 Jika pengguna lupa mencabut kunci, maka alarm pada gagang pintu pintar tersebut akan berbunyi. Dilansir dari Gizmochina, gagang pintu tersebut memiliki lima metode berbeda untuk membuka pintu. Selain menggunakan sensor sidik jari dan kunci fisik, Mijia Smart Door Lock juga dapat dibuka menggunakan password numerik, Bluetooth, dan NFC.

Password yang digunakan pun dapat diatur untuk aktif dalam rentang waktu tertentu, sehingga pemilik rumah dapat memberikan akses masuk kepada tamu yang ingin berkunjung untuk sementara waktu. Mijia Smart Door Lock masih dijual terbatas di China. Hingga saat ini, Xiaomi masih belum menginformasikan apakah gagang pintu pintar tersebut akan dijual di pasar global atau tidak.