Apple Bakal Gunakan USB 4 di macOS

"USB 4.0 mampu membawa data dengan kecepatan hingga 40 GB per detik."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Apple diberitakan bakal menggunakan teknologi USB 4.0. Saat ini, Apple masih gunakan Thunderbolt di beberapa perangkat Mac.

Meski telah mengadopsi USB type-C di beberapa perangkat, Apple tetap mempertahankan port Thunderbolt. Diperkirakan, USB 4.0 mampu membawa data dengan kecepatan hingga 40 GB per detik.

Angka tersebut memiliki kecepatan dua kali lipat dari USB type-C dengan teknologi USB 3.2 yang maksimal membawa data dengan kecepatan 20 GB per detik. USB Promoter Group menjanjikan bahwa teknologi USB 4.0 akan memiliki port yang sama dengan USB type-C.

Sama seperti teknologi sebelumnya, USB 4.0 tetap mampu mengakomodir USB 3.2, Thunderbolt 3, dan USB 2.0. Rencananya, USB 4 akan diperkenalkan pada musim panas tahun 2019 ini.

Dilansir dari appleinsider, akan ada perubahan signifikan terkait logo dari USB 4 ini. Apple dikabarkan akan segera mengadopsi tenknologi USB 4 ini pada generasi mac terbaru secepat mungkin. Apalagi, kecepatan transfer data yang dimiliki USB 4 sama dengan Thunderbolt 3.

Hal ini tentu tidak menambah kesulitan bagi Apple bila ingin melakukan terobosan. Terlebih, bila USB 4 dapat diterapkan pada iPhone dan iPad, tentu akan lebih menarik lagi.