iOS Baru, Apple Tunjukkan Atensi Pada Privasi Pengguna

" Apple memberitahu pengguna aplikasi apa saja yang melacak kebiasaan hingga lokasi pengguna."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Pada sistem operasi baru miliknya Apple menunjukkan perhatian pada privasi pengguna. Dengan sistem baru ini Apple memberitahu pengguna aplikasi apa saja yang melacak kebiasaan hingga lokasi pengguna.

Informasi tersebut kemudian disampaikan melalui pop-up notifikasi yang muncul di layar iPhone. Notifikasi tersebut akan menampilkan secara lengkap data lokasi aplikasi yang melakukan tracking pada pengguna.

Pengguna akan diberi pilihan bila ingin menghentikan membagi data pada aplikasi tersebut. Notifikasi tersebut juga menampilkan data apa yang dilihat oleh aplikasi tersebut dan alasan mengapa aplikasi membutuhkan data-data tersebut.

Apple mengungkapkan bahwa pop-up notifikasi akan muncul secara periodik di iOS 13. iOS 13 juga menghadirkan opsi “just once” pada pengguna bila ingin membatasi penggunaan data privasi pada aplikasi tertentu.

Apple tunjukkan bahwa privasi menjadi perhatian utama mereka dengan mengajak pengguna untuk sadar akan pentingnya privasi. Diharapkan, pengguna akan lebih perhatian terhadap data privasi mereka dan menjaga dengan lebih baik.

iOS 13 juga memperketat sistem keamanan mereka terhadap pengambilan privasi melalui Wi-Fi dan bluetooth.