Ini Tipe Mobkas Ini Paling Diminati Jelang Mudik Lebaran 2019

"untuk mobil-mobil di segmen MPV dan SUV sepanjang bukan Ramadan, ini jika dibandingkan dengan periode yang sama, tahun lalu"
angkanya pun turut naik, terutama tipe kendaraan yang mampu memuat banyak penumpang, yaitu Multi-Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Dari tahun ke tahun, acara mudik berkendaraan pribadi masih tersimak seru. Tak terkecuali pada Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah kali ini. Pasar mobil bekas atau mobkas ramai dikunjungi peminat. Mulai yang dipasarkan langsung seperti Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, hingga pemasaran secara online atau dalam jaringan alias daring. Seperti OLX Indonesia.

Disebutkan oleh Ivo Wassenaar, Head of Automotive Category OLX Indonesia, bahwa Ramadan berimbas pada kenaikan pencarian mobkas di situs mereka.Dari segi supply, angkanya pun turut naik, terutama tipe kendaraan yang mampu memuat banyak penumpang, yaitu Multi-Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV).

"Kami memantau adanya kenaikan supply untuk mobil-mobil di segmen MPV dan SUV sepanjang bukan Ramadan, ini jika dibandingkan dengan periode yang sama, tahun lalu," kata Ivo Wassenaar.

"Merek-merek seperti Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV, dan Grand Livina juga mengalami kenaikan dari segi supply. Kami memantau pergerakan supply untuk mobil-mobil ini di kisaran harga Rp 40 – 90 juta," imbuh Head of Automotive Category OLX Indonesia itu.

Dijelaskan pula oleh Ivo Wassenaar bahwa kisaran harga ini cukup terjangkau bagi pembeli yang ingin memanfaatkan mobkas sebagai wahana transportasi mudik Lebaran. Dengan harga Rp 40 – 90 juta, calon pembeli bisa mencari mobil-mobil SUV dan MPV lansiran 2000 ke atas, dari berbagai macam merek.

Di kelas MPV bekas, untuk produk seharga Rp 40 – 60 juta, Toyota Innova menjadi mobil dengan supply tertinggi. Merek ini mengalami kenaikan supply sebanyak 11 persen sepanjang bulan Ramadan, dari 1.820 unit menjadi 2.010 unit. Sementara itu, di kelas SUV, supply terbanyak didominasi oleh Honda CR-V. Kenaikannya juga mencapai 11 persen, yaitu dari 440 menjadi 490 unit.

Sementara untuk kisaran harga Rp 70 – 90 juta, Nissan ... Baca halaman selanjutnya