TVS Buat Skuter Hybrid Bertenaga Matahari

"skuter yang masih dalam versi konsep ini disebut akan menggunakan tiga baterai Lithium-ion"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-TVS Motor dikabarkan sedang menyiapkan sepeda motor bertenaga hybrid. Hal ini terungkap setelah gambar paten skuter TVS beredar di dunia maya.

Dilansir dari Indianautos, skuter hybrid racikan TVS rupanya akan menggunakan tenaga surya sebagai pengisi daya. Jadi, pada gambar paten yang ada terlihat skuter dilengkapi dengan atap layaknya kendaraan roda empat.

Selain sebagai pelindung panas, atap berfungsi sebagai panel surya untuk mengisi baterai. Baterai kemudian akan memberi daya motor sehingga jangkauan bisa lebih jauh, tanpa harus berhenti mengisi atau mengganti baterai.

Agar skuter ini mampu melaju secara maksimal, bobot atap juga sudah diperhitungkan. Materialnya sendiri akan dibuat dari bahan yang ringan, sedangkan desain panel surya belum selesai.

Untuk urusan tenaga, skuter yang masih dalam versi konsep ini disebut akan menggunakan tiga baterai Lithium-ion untuk memberi daya motor 12 kW atau sebesar 16,32 PS. Akselerasinya untuk 0 - 60 km per jam bisa dicapai dalam 5,1 detik. Angka-angka ini diklaim tidak akan mengalami banyak perubahan pada model produksi.

Skuter hybrid racikan TVS ini kemungkinan mulai dipasarkan pada 2022. Sementara dalam bentuk konsep, produk-produk ini akan muncul dalam Auto Expo 2020 untuk melihat respons pasar. Rencananya, skuter bertenaga surya ini juga akan diekspor ke negara lain