Selama Lima Kuartal, TikTok Berjaya di App Store

"Aplikasi sosial media itu menjadi yang paling banyak diunduh selama lima kuartal secara beruntun. "
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Aplikasi TikTok menjadi jawara dalam aplikasi di App Store. Aplikasi sosial media itu menjadi yang paling banyak diunduh selama lima kuartal secara beruntun. 

Data ini dibagikan oleh layanan analitik Sensor Tower dengan detail 33 juta unduhan untuk TikTok di Q1 tahun 2019. Lanjut ke peringkat berikutnya, TikTok mendapatkan persaingan dari YouTube, Instagram, WhatsApp dan Messenger di posisi kedua hingga kelima.

Catatan menarik berikutnya datang dari Twitter. Meskipun harus puas di posisi 16, Twitter berhasil mencatat 11,7 juta unduhan sepanjang Q1 2019. Hal ini menjadi rekor terbaik mereka sejak Q1 tahun 2015 dan juga meningkatan cukup stabil di angka 0,36 persen setiap tahunnya.

Uniknya, di platform Android aplikasi TikTok tidak memegang rekor yang sama. Aplikasi paling banyak diunduh di perangkat Android dipegang oleh WhatsApp dengan 199 juta unduhan.

Peringkat berikutnya ada Messenger, TikTok, Facebook dan Instagram. Kembali pada TikTok, aplikasi ini pernah dilarang di India pada bulan April lalu karena keberadaan konten pornografi.

Namun setelah masalah tadi selesai, TikTok sudah kembali tersedia di regional India. Jumlah pengunduh TikTok di India pada Q1 2019 juga meningkat pesat hingga 88,6 juta unduhan, meningkat 8,2 kali lipat dibandingkan Q1 2018.