Setelah Diblokir, AS Berikan Keringanan Terkait Produk Huawei

"Departemen Perdagangan Amerika mengatakan bahwa mereka akan segera mengurangi pembatasan pada produk Huawei"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Perseteruan ekonomi antara Amerika Serikat dan Tiongkok terus berlanjut. Beberapa waktu lalu Pemerintah AS telah memblokir produk Huawei di negaranya.

Dilansir dari Reuters, menyusul pelarangan tersebut, muncul desakan di Tiongkok untuk melakukan hal yang sama pada produk asal Amerika, Apple. Akibatnya, kedua perusahaan ini mengalami kesulitan dalam hal penjualan dan pendapatan.

Kini, Departemen Perdagangan Amerika mengatakan bahwa mereka akan segera mengurangi pembatasan pada produk Huawei. Hal ini dilakukan untuk kepentingan para pengguna Huawei yang berada di Amerika Serikat.

Pasalnya sejak pelarangan tersebut, Huawei praktis kesulitan dalam melakukan penjualan suku cadang, layanan, hingga servis perangkat. Meski demikian, Huawei masih dilarang untuk menggunakan komponen dari Amerika Serikat seperti Qualcomm, Intel, dan produk Micron untuk membuat sebuah produk baru.

Selama 90 hari, kelonggaran aturan ini berlaku dan mampu menurunkan ketegangan antara Amerika dan Tiongkok.

Karena Trade War, Apple dilaporkan mengalami pertumbuhan penjualan di Tiongkok dan terancam akan menaikkan harga produk menyusul penambahan tarif impor antara Amerika dan Tiongkok. Bahkan, Apple terancam diboikot dari Tiongkok.