Apple Bakal Rilis Modem 5G Sendiri Pada 2025

"Apple sudah memiliki tim sendiri untuk mengembangkan modem 5G yang kemungkinan baru bisa dirilis tahun 2025."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Modem 5G yang sedang dikembangkan Apple diperkirakan baru akan siap pada 2025.  Pengembangan modem 5G untuk seri iPhone terbaru akan dilakukan oleh Qualcomm setelah drama panjang yang terjadi.

Qualcomm sebagai partner baru merencanakan dapat merilis modem 5G ini setidaknya pada tahun 2020 nanti. Perpisahan Apple dengan Intel dikarenakan Intel merasa belum siap untuk mengembangkan teknologi 5G dalam wakktu dekat.

Di tengah usaha pengembangan ini, kini muncul kabar kalau Apple juga tengah berusaha mengembangkan modem 5G versi mereka sendiri. Dalam upaya ini, Intel kembali menunjukkan ketertarikan mereka untuk memberi bantuan.

Tapi sayangngya, Apple sudah terlanjur kecewa dengan sikap Intel sebelumnya. Sebelumnya pada tahun 2017, Apple sempat mengaku kecewa dengan performa Intel yang saat itu sedang mempersiapkan modem untuk iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

Saat itu Apple menilai kalau modem Intel XMM 7560 tidak bekerja dengan baik di perangkat mereka. Kerja sama Apple dengan Qualcomm saat ini juga dinilai akan mengalami beberapa kendala, termasuk terkait ketepatan waktu.

Bahkan bukan tidak mungkin kalau kerja sama dua pihak akan cepat berakhir. Apalagi diketahui saat ini Apple sudah memiliki tim sendiri untuk mengembangkan modem 5G yang kemungkinan baru bisa dirilis tahun 2025.