Gaikindo Sebut Esemka Belum Masuk Anggota Asosiasi

"Hingga saat ini belum ada kabar jika Esemka akan bergabung dengan Gaikindo"
Esemka Garuda 1 (net)

KLIKPOSITIF-Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) mengatakan bila merek lokal Esemka bukan anggota dari asosiasi tersebut. Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi, mengatakan tidak mengetahui informasi apa pun tentang Esemka.

"Saya tidak tahu apa-apa karena bukan anggota saya," ujar Nangoi, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat dilansir dari Suara.com.

Nangoi mempersilakan kalau Esemka ingin bergabung menjadi anggota. Pasalnya Gaikindo terbuka bagi seluruh produsen otomotif. "Kalau namanya industri otomotif dan mereka ingin masuk ke Gaikindo kami akan menyambut dengan tangan terbuka," kata Nangoi.

Sejauh ini, Nangoi mengaku, belum mengerti dan mendengar secara jelas terkait produk Esemka. Bahkan sama sekali belum ada kabar mereka akan bergabung.

Sebelumnya dua model kendaraan produksi Esemka, yaitu Garuda dan Bima telah terdaftar dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 14 tahun 2019. Hal ini menandakan bila proyek Esemka akan terus berlanjut dan memasuki masa produksi. Berdasarkan data itu, keduanya masuk dalam kategori mobil penumpang berjenis minibus dan pick-up. Dari kode yang ada, keduanya mendapat bekal mesin berkapasitas 1.200 cc.

Kabar kehadiran Esemka juga diperkuat lewat kemunculannya dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Terlihat model Esemka Garuda terdaftar dengan harga Rp 209 juta. Sedangkan model Bima terdaftar dengan harga Rp 81 juta.